Our Blog

Perjalanan Mencari Kebatinan


Prolog

             Awalnya entah kenapa memilih untuk melakukan ini,sebuah bentuk pejalanan yang baru bagi gua sendiri, mencari kawan baru?pengalaman?ngabisin duit yg ga ada? Atau mungkin lebih tepatnya hanya ingin meringankan beban yang bertumpu di otak. Merasakan kejutan kejutan hidup yang dapat di rasakan sebagai manusia, bukan sebagai mahasiswa walaupun mahasiswa itu manusia. sedikit banyak harapan di sisipkan dalam perjalanan ini,bisa aku melewati ini?jika bisa tentu masalah masalah yang kuhadapi ini tentu bisa ku selesaikan? Yah kasarnya pem’bukti’an untuk diri.

Gagal dan kehilangan yang bertumpuk,cinta yang gagal bahkan sebelum di rajut,masalah duniawi yg ga ada ujungnya,batiniyah yang ga tenang tenangnya. Lucu ya? hidup gua gagal mulu,kalo gitu untuk perjalanan ini kaga boleh gagal juga ! harus gua buktiin kalo gua juga bisa berhasil di jalur yang berbeda dengan orang kebanyakan. Target harus dapet di jalan seminggu,nikmatin lingkungan suasana manusianya. Setelah yakin, 2 jam berikutnya langsung berangkat dengan packing seadaanya,hingga jendela kosan lupa untuk di tutup, Wkwkwkwk.

Intinya mah BERANGKAAAATTTTT!!!!!

Sebelum melangkah jauh

                Sudah diniatkan secara batiniyah akan melakukan perjalanan ini,namun sempat dulu gua nyinggah kebekasi ke rumah seorang sohib yang kebetulan sedang galau akut,jadi kita melepaskan kegalauan kita bersama disana,sekalian biar otak dan batin gua rada tenang sebelum melangkah lebih jauh. Kalau tiba tiba galau di jalan? bisa bahaya nanti, Ga ada temen melepas duka lara gimana coba? Nanti di anggap salah satu spesies alay yang sedang berkelana mencari keluarganya di seluruh Indonesia.

                Langsung meluncur dari bekasi dengan mengggunakan angkot menuju Kampung Rambutan,di sana ada hal unik juga yang terjadi, bagaimana uang bisa sangat merubah seseorang dengan sangat hebatnya. Cuman beli air di warung,trus duduk aja di kursi sebelah warung yg warung juga. Ibunya negor “dek,belinya di sebelah tapi kok dudukya disaya”. Walah jadi aja gua mesen kopi disana,ibunya langsung senyum  dari yang awalnya cemberut. Apa yang mau gua katakan disini ya “Dengan Tiga Rebuu gua bisa beli senyuman orang,apakah semakin tua seseorang semakin murah harganya?dan untuk mendapatkan keramah tamahan,senyuman,memberikan kesan rasa aman,ternyata cukup dengan Tiga Rebuu itu yah”. Ga tau ini pesanya apa,silahkan di simpulkan sendiri,karna penulis juga labil.

Gua pun pergi buat nyari bus,halah jadi was was ama pencopet. Kejahatan selalu ada di sekitar kita bung. Gua naik bus Agramas dengan tarif 25k saja. Awal di perjalanan biasa aja,namun setelah masuk tol keanehan terjadi. Gua baru tau kalo di tol bisa naik turunin penumpang,ada calonya pula. Setelah memperhatikan,penumpang yang naik di tol harus turun sebelum keluar tol,tarif sebesar 5k. mereka tidak duduk,hanya berdiri di celah yang ada di bus.bisa dibilang kendaraan di dalam tol lah, Ada 25 orang yang ikut cara ini,overload beneran. Karna penasaran,gua nanya ama bapak sebangku gua. Respon beliau lebih unik lagi,”wah adek baru ya?ini mah udah biasa,kapan kapan ade coba naik kereta dari tanjung periok-senen,kelas ekonomi,itu kereta bisa berenti ga hanya di stasiun”. Halah siah,ko bisa gitu pak? Ia menjawab dengan santai “inilah Indonesia,sudah saling mengerti ajalah,namanya juga susah sama susah,saling nguntungin kok”. Itu kan kondisinya yang mau naik mau bawa dagagnan mereka ke pasar,kalo kestasiun terdekat dulu ya bisa ga untung dia,dan kita yang di kota mau belanja apa hayo?. Inilah Indonesia,kita tau itu salah tapi juga tak bisa kita menghentikanya ,ya karna itu kepentingan umat ,bila kita hentikan akan ada sebagian kalangan yang malah tambah deritanya. Mungkin uang ongkosnya bisa buat makan,ato di tabung buat pendidikan anak,ato buat uang rokok. Indonesia sih,Tanah air kami sih,mental Rakyatnya sih…

Mengisi waktu,mengobrol dengan teman sebangku pun jadi. Pa Rian namanya,seorang kontaktor yang sedang bekerja di pembanguanan tol *lupayangmana. Ia berniat ke cilegon,mau sahur pertama ama keluarga katanya. Setelah pembicaraan ngalor ngidul,mulai dari korupnya pembangunan Tol,permainan wanita,keluarga,uang,dst. ada  hal unik yang gua dapet dari cerita hidupnya yang selengean,ia masuk ITB di DO,bukannya tobat,si bapa ini malah jualan the botol depan kampus. Kerja bagus di semen padang malah out biar kerja di Tol,lebih nyante katanya,padahal dari segi pendapatan lebih gede yang di semen padang. ini sedikit kata kata bijak yang gua dapet dari pa Rian. “Siapa yang tau nasib mau berkata apa,ikutin aja. Asal jangan nyusahin orang lain,mau nyusahin ya diri sendiri. Yang penting hidup,bahagia,ga masalah ama sekitar”.

Akhirnya sampai juga di Merak, cuman karna kaga tau pintu masuknya yang mana, gua pun ngopi dulu sekaligus belia air mineral buat bekel,takut sahur di kapal,Mahaalll. Lagi, ngobrol sama bapak owner warung kopi, beliau bercerita soal anakanya yang kerja di kapal penyebrangan ,bagaimana beratnya dia ngusahin biar anaknya ga jadi pengangguran. sayang,respon anaknya yang menurutnya ga tau diri. Anaknya berkali kali ingin keluar,ma kerja kantoran katanya. padahal dia cuma lulusan STM,beliau bilang supaya anaknya bisa kerja dikapal dia  udah keluar lebih dari lima juta . Tapi anaknya malah begitu,niat bapaknya malah pingin anaknya kerja di kapal antar negara, Biar ngerti arti hidup,gimana kerasnya hidup. respon yang annya berikan adalah ketidak tahuan rasa terimakasih,memberontak ingin keluar,dan dia masih minta "jajan"sama bapanya."Terserah dia lah sekarang,peduli saya jadi bapaknya" , kata kata itu terucap dari mulut beliau . merinding gua mendengar itu,yah kalau gua berpendapat dalam Kasus kami, anaknya yang brengsek ,bukan bapaknya. yang beda dalah dia bungsu gua Sulung. Gua emang rada brengsek soalnya ya. 

Setelah nanya ama bapak owner warung kopi tadi, gua masuk ke ke pelabuhan merak. Tak lupa air mineral dan roti di saku,buat jaga jaga kalo sahur di kapal. beres bayar tiket yang bernominal 13 rebu ,gua l langsung nyari musholla buat isya ama maghrib. gua tidak taraweh hari itu,padahal itu hari pertama taraweh dan besok puasa hari pertama. selesai solat, selesai proses registrasi lalalala buat keamanan naik kapal,gua pun sudah berada di atas perahu besi ini. Awalnya niat mau masuk di kelas executive,VIP atau apapun istilahnya.  Tapi ga tau kenapa pingin naik ekonomi aja,suka ada yang dangdutan soalnya. Ternyata gua kurang beruntung sodara sodara, Kapal yang ini tidak include orkestra di dalamnya.Padahal 6 bulan lalu mah ada. dengan perasaan kecewa,gua duduk di salah satu kursi di kelas ekonomi. Seperti biasa ,ada aja yang sopir atau keneknya yang nawarin jasa travel atau mobilnya ketika di darat nanti. Cuman karna harga yang di tawarkannya cuma 30k beda 5k doang ama travel di bakauni di tabah mobil yang kosong, ya udah gua ambil dah. Dealan ama si abangnya 30k ampe Pasir putih, biarlah beda 5k,yang penting aman kaga kecopetan dan ketemu preman. toh berkat si abang sopir jadi ada temen ngobrol di atas kapal. 
Lagi,dia juga seorang ayah, dan dia orang ketiga yang jadi temen ngobrol dengan kondisi seorang ayah dan menghisap marlboro merah di bibirnya. Bapak ini orang tambang di kalimantan, jadi ujungnya kita malah cerita tentang bagaimana saktinya orang orang Kalimantan, Hahaha. Cerita waktu perang sama suku lainnya. Ujungnya ya tetep seperti seorang ayah kebanyakan, membanggakan anaknya yang sering lompat kelas,bukan tinggal kelas ya. Bagaimana bijaknya si anak, dan hal yang paling senang untuk didengarkan ialah, ia tidak ada pemaksaan supaya anaknya jadi seperti itu. Yang penting bahagia keturunannya . Ahirnya kapal menepi,kita naik bus. Efek lelah,ahirnya gua keiduran di atas bus. Langsung aja kesimpulannya, pa sopirnya lupa,guanya ketiduran dan gua kebablasan, jadi gua turun di daerah bandar Jaya. Pa sopirnya nyebelin ya, gua turun dengan kondisi kurang baik jam 4 subuh. Di kanan gua,ada sekumpulan anak lagi drag race, sebelah kiri rumah kayu yang masih pada gelap. Rasa takut dan galau yang sudah memuncak,jadi ada rumah warga yang jadi korban gua gedor buat numpang sahur, Hohoho. Alhamdulillah ada yang bukain. Jadi ya, sahur pertama gua di daerah Bandar Jaya, di rumah orang dan semuanya benar benar baru gua datengin dan kunjungin. Masih senyum senyum gua kalo nginget hal itu. Bagaimana baiknya manusia di Indoesia.

Ahirnya,setelah cukup cerah dan berucap terimakasih sama rumah korban yang baik hati karna telah nampung gua,memberikan makan untuk sahur pula. Gua pun balik lagi ke Lampung,ngambil duit. buat jaga jaga. nah dari sini gua linglung,kaga tau mau kemana. Jadi ada 1 jam nangkring di depan Atm ga jelas,trus naik angkot ke tenggineng, blah bloh lagi ga jelas. kecewa soalnya masa lampung di lewat sih,kaga di datengin tempat wisatanya.




               

                *Bersambung...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bercerita Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.