Our Blog

Sahur Pertama dan Segala Kisah nan Tercipta

Ini tahun ketiga sahur jauh dari rumah, jauh dari keluarga, jauh dari masakan umi. Ada kesedihan tersendiri ketika menulis ini, hanya ingin megguratkan apa yang terbenak selepas sahur tadi. Untuk ketiga kalinya secara berturut, sahur hari pertama di bulan suci kulewati dengan masakan orang lain, di tanah orang lain, namun dengan hati yang tetap milikku, yang tentu menanggung sesak akan rindu.
Biarkan aku bercerita akan sahur yang ku tau, sahur yang terus membenak di kepalaku ketika dulu masih di sana, ya di rumah.Di awali dengan adat  balimau atau berenang sih, budaya minang sebelummenghadapi puasa. Gua cabut ama temen temen kesungai terdekat
buat membasuh badan dan menikmati renang siang siang selagi bisa, dan Satu hal yang pasti, gua bakal jajan sebanyaknya, dan makan semampunya, sampai sesak menjelang. Efek rakus Hahahaha. Hingga keesokan paginya, umi bakal dengan kesusahan bangunin gua,mulai hanya memanggil,menggoyang-goyangkan badan, hingga di tarik paksa ampe badan kejedot lantai. Tapi pasti, kalo gua udah di gendong trus di bawa kedepan makanan, pasti mata melek. Aroma dari masakan emak gua emang udah kaya wangi kasturi bagi perut dan hidung gua. Hahh, Umi abang kengen beneran lo ini, masakan umi juga kangen, semuanya juga kangen.
Pertama kali gua habiskan sahur seorang diri pas SMA di bandung, efek persiapan SBM dan ga boleh pulangnya ama bokap. Berawal niat sahur di warteg biar ga kesepian amat, hingga berahir di kamar sendiri di temani film, berkat warteg yang penuh. Umi nelpon disana, dan itu gua hadapi dengan suara yang berusaha seceria mungkin. Walau jujur, tetes demi tetes bulir bulir air dari ujung mata bergulir dengan sendirinya. Hingga telpon pun mati,dan isak tertahan keluar di sana, di sudut kamar gelapku. Begitu berat gua merasa, seorang anak baru lulus SMA, ngadepin bulan suci seorang diri, berkat gagal Undangan.
Kedua kalinya sahur jauh dari rumah pas udah kuliah, bukan di bogor ini terjadi, kalau memang kalian berpikir demikian. Ini terjadi di daerah Bandar Jaya, Lampung. Momen ini terjadi sebab sial akan hidup terjadi dan menumpuk di ahir semester dua sana, dan gua hadapi dengan bertualang. Bertualang pulang kerumah sendiri, sambung menyambung dengan kendaraan umum. Mulai dari merak-kapal-bakauni-dan serentetan angkutan umum. Total 10 hari gua dijalan sana, dan hari ke 2 adalah hari pertama puasa. Waktu itu jam 03.30 am gua di turunin bus di bandar jaya, dengan kondisi jalan adalah jalur antar lintas sumatra. Anak anak berandal asik dengan balapan liarnya,dan hanya ada sebaris rumah dipinggir jalan, yang di bayangi oleh lebatnya hutan. Takut menelusup di sana, anak anak yang balapan liar mulai memperhatikan gua, dan melangkah kearah gua, dengan modal nekat gua menuju rumah terdekat dan meminta tolong untuk numpang sahur. Alhamdulillah di beri, sebuah sukur luar biasa yang gua terima di situ. Terselamatkan diri akan kisah buruk akan begal yang sudah biasa terjadi disana. Walau tetap ada sedih yang membalut di hati.
Ketiga kalinya ya hari ini, gua lampiaskan rindu dengan berkumpul bareng anak anak UKF. Bakar bakar bareng mereka, sambil mempersiapkan pangan untuk sahur nanti. Awalnya hanya ingin sahur bersama dengan mereka yang senasib, anak anak jurusan. Yah, gubrisan itu tak kudapatkan, mungkin yang merasa sepi hanya gua di antara mereka. Ya sudah, gua habiskan sesak ini bersama mereka yang mengerti, dan merasa. Sebuah sukur masih memiliki sahabat sahabat yang di satukan atas perjuangan menuju titik yang sama, bukan tekanan kuliah yang hanya tau kata “bareng” atau “bersama” saat ada tugas, saat ngadepin senior. Sudah lah, udah maaf maafan juga kemaren, lupakan semua. Memang ini yang biasa terjadi di sekedar ucapan, bukan raga dan jiwa yang tergerak, hanya mulut.

“Selamat berjuang dan menikmati bulan penuh berkah nan berahmat ini kawan. Semoga rindumu terbalas , berkumpul di rumah kecil nan hangat dengan kasih sayang, hingga sampai di surga yang begitu kita dambakan itu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bercerita Designed by Templateism | MyBloggerLab Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.